pengemudi untuk berkonsentrasi pada mengemudi.
Mobil surya menggabungkan teknologi biasanya digunakan di ruang angkasa, sepeda, energi alternatif dan industri otomotif. Desain kendaraan solar sangat terbatas oleh jumlah masukan energi ke dalam mobil. Kebanyakan mobil surya telah dibangun untuk tujuan balapan mobil surya. Sejak 2011 mobil bertenaga surya telah dirancang untuk penggunaan sehari-hari di jalan umum: Daftar mobil surya (dengan homologasi).
Mobil surya tergantung pada array surya yang menggunakan sel fotovoltaik (sel PV) untuk mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Tidak seperti energi panas matahari yang mengubah energi surya untuk memanaskan baik untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri atau untuk dikonversi menjadi listrik, sel PV langsung mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. [1] Ketika sinar matahari (foton) sel pemogokan PV, mereka membangkitkan elektron dan memungkinkan mereka mengalir, menciptakan arus listrik. Sel PV terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon dan paduan indium, gallium dan nitrogen. Silikon kristal merupakan bahan yang paling umum digunakan dan memiliki tingkat efisiensi 15-20%
Array surya terdiri dari ratusan sel surya fotovoltaik mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Dalam rangka membangun sebuah array, sel PV ditempatkan bersama-sama untuk membentuk modul yang ditempatkan bersama-sama untuk membentuk sebuah array. [2] array yang lebih besar digunakan dapat menghasilkan lebih dari 2 kilowatt (2,6 hp).
Sel, modul, dan array
Array surya dapat dipasang dalam beberapa cara:
Tenaga surya
horisontal. Pengaturan yang paling umum ini memberikan kekuatan yang paling keseluruhan selama sebagian besar hari di lintang rendah atau musim panas lintang yang lebih tinggi dan menawarkan sedikit interaksi dengan angin. Array horisontal dapat diintegrasikan atau dalam bentuk kanopi gratis.
vertikal. Susunan ini kadang-kadang ditemukan di berdiri bebas atau layar terintegrasi untuk memanfaatkan energi angin. [3] tenaga surya yang berguna terbatas pada pagi hari, malam hari, atau musim dingin dan ketika kendaraan menunjuk ke arah yang benar.
disesuaikan. Array surya gratis sering dapat dimiringkan sekitar sumbu perjalanan dalam rangka meningkatkan daya ketika matahari rendah dan baik ke samping. Alternatif adalah untuk memiringkan seluruh kendaraan saat diparkir. Penyesuaian dua sumbu hanya ditemukan pada kendaraan laut, di mana ketahanan aerodinamis adalah kurang penting dibandingkan dengan kendaraan jalan.
terpadu. Beberapa kendaraan menutupi setiap permukaan yang tersedia dengan sel surya.
Beberapa sel akan berada di sudut optimal sedangkan yang lain akan berbayang.
Trailer. Trailer surya sangat berguna untuk perkuatan kendaraan yang ada dengan stabilitas sedikit, misalnya sepeda. Beberapa trailer juga termasuk baterai dan lain-lain juga motor drive.
terpencil. Dengan pemasangan array surya di lokasi stasioner bukan kendaraan, listrik dapat dimaksimalkan dan ketahanan diminimalkan. Virtual grid koneksi namun melibatkan kerugian lebih listrik daripada dengan kendaraan surya yang benar dan baterai harus lebih besar.
Pilihan geometri array surya melibatkan optimasi antara output daya, ketahanan aerodinamis dan massa kendaraan, serta pertimbangan praktis. Misalnya, kanopi horisontal gratis memberikan 2-3 kali luas permukaan kendaraan dengan sel terpadu tapi menawarkan pendinginan yang lebih baik dari sel dan shading dari pengendara. Ada juga tipis array surya fleksibel dalam pembangunan.
Array surya pada mobil surya dipasang dan dikemas sangat berbeda dari array surya stasioner. Array surya pada mobil surya biasanya dipasang menggunakan double tape perekat kelas industri kanan ke tubuh mobil. Array dikemas menggunakan lapisan tipis Tedlar.
Beberapa mobil surya menggunakan gallium arsenide sel surya, dengan efisiensi sekitar tiga puluh persen. Mobil surya lainnya menggunakan sel surya silikon, dengan efisiensi sekitar dua puluh persen.
Baterai di mobil surya yang khas adalah cukup untuk memungkinkan mobil untuk pergi 250 mil (400 km) tanpa matahari, dan memungkinkan mobil untuk terus melakukan perjalanan dengan kecepatan 60 mph (97 km / jam).
Motor yang digunakan di mobil surya biasanya menggunakan daya kurang dari pemanggang roti, sekitar 2 atau 3 tenaga kuda, namun mobil surya dapat mencapai kecepatan yang sama sebagai mobil keluarga khas (100 mil per jam (160 km / h))
Races
Dua balapan mobil surya yang paling menonjol adalah World Solar Challenge dan Amerika Solar Challenge, darat kompetisi jalan reli-gaya diperebutkan oleh berbagai universitas dan tim perusahaan.
Dunia Solar Challenge memiliki bidang pesaing dari seluruh dunia yang berlomba menyeberangi benua Australia, lebih dari jarak 3.000 kilometer (1.900 mil). Kecepatan kendaraan meningkat terus. Jadi, misalnya, kecepatan tinggi tahun 2005 peserta lomba menyebabkan aturan yang berubah untuk mobil solar mulai tahun 2007 ras dan 2014 juga.
American Solar Challenge, sebelumnya dikenal sebagai 'Amerika Utara Solar Challenge' dan 'Sunrayce USA', fitur sebagian besar tim perguruan tinggi balap di interval waktunya di Amerika Serikat dan Kanada. Lomba ini juga mengubah aturan untuk balapan terbaru karena tim mencapai batas kecepatan diatur. Terbaru Amerika Solar Challenge berlangsung pada 21-28 Juli 2014 dari Austin, Texas ke Minneapolis, Minnesota. [5]
Dell-Winston Sekolah Solar Challenge Car adalah mobil balap bertenaga surya tahunan untuk siswa SMA. Acara ini menarik tim dari seluruh dunia, tapi sebagian besar dari sekolah tinggi Amerika. Perlombaan pertama kali diadakan pada tahun 1995. Setiap acara adalah produk akhir dari dua tahun siklus pendidikan yang diluncurkan oleh Winston Surya Tim Mobil. Dalam beberapa tahun ganjil, lomba adalah kursus jalan yang dimulai pada Dell Diamond di Round Rock, Texas; Pada akhir kursus bervariasi dari tahun ke tahun. Dalam tahun genap, lomba adalah trek balap di sekitar Texas Motor Speedway. Dell telah mensponsori acara sejak tahun 2002.
Sel surya tersebar di atas mobil ini menghasilkan energi yang cukup untuk menjaga bermotor berjalan listriknya.
Afrika Selatan Solar Challenge adalah sebuah epik, bi-tahunan, dua minggu ras mobil bertenaga surya melalui pelosok Afrika Selatan. Tim akan harus membangun mobil sendiri, merancang sistem rekayasa mereka sendiri dan ras mesin-mesin yang sama melalui medan yang paling menuntut bahwa mobil surya yang pernah saya lihat. 2008 lomba membuktikan bahwa acara ini dapat menarik minat masyarakat, dan bahwa ia memiliki dukungan internasional diperlukan dari FIA. Akhir bulan September, semua peserta akan lepas landas dari Pretoria dan membuat jalan mereka ke Cape Town melalui N1, maka berkendara di sepanjang pantai ke Durban, sebelum mendaki lereng dalam perjalanan mereka kembali ke garis finish di Pretoria 10 hari kemudian. Pada tahun 2008 acara ini didukung oleh International Federation Solarcar (ISF), Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), World Wildlife Fund (WWF) menjadikannya Surya Balap pertama yang menerima dukungan dari ini 3 organisasi.
Ada ras jarak lain, seperti Suzuka, Phaethon, WGC (WSR / JISFC / WSBR) dan World Solar Rally di Taiwan. Suzuka dan WGC adalah trek balap tahunan di Jepang dan Phaethon merupakan bagian dari Olimpiade Budaya di Yunani tepat sebelum Olimpiade 2004.
Rekor Kecepatan
Guinness World Records mengakui rekor kecepatan darat untuk kendaraan bertenaga hanya dengan panel surya. Rekor ini saat ini dipegang oleh Sky Ace TIGA dari Ashiya_University tersebut. [6] Rekor 91,332 km / h (56,75 mph) didirikan pada 20 Agustus 2014 di Bandara Shimojishima, di Miyakojima, Okinawa, Jepang. Rekor sebelumnya dipegang oleh University of New South Wales dengan mobil Sunswift IV. 25-kilogram (55 lb) baterai telah dihapus sehingga kendaraan ini didukung hanya oleh panel surya. [7] catatan 88,8 km / h (55.2 mph) didirikan pada tanggal 7 Januari 2011 di angkatan laut pangkalan udara HMAS Albatross di Nowra, memecahkan rekor sebelumnya dipegang oleh General Motors mobil Sunraycer dari 78,3 kilometer per jam (48,7 mph). Rekor berlangsung selama terbang 500 meter (1.600 kaki) peregangan, dan rata-rata dari dua berjalan di arah yang berlawanan.
No comments:
Post a Comment